Cara Mematikan Update di Windows 10

  • 3 min read
  • Nov 23, 2020

Cara Mematikan Update di Windows 10 – Secara default sistem operasi Windows 10 menerapkan pembaruan atau Update secara otomatis. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan mengingat OS ini masih tergolong baru yang dikeluarkan oleh Microsoft, sehingga diperlukan update rutin untuk perbaikan bug dan pengembangan fitur.

Pada dasarnya update os windows 10 pro, home dan enterprise berfungsi untuk peningkatan performa dan perbaikan bug dari sistem operasi itu sendiri. Proses update windows ini memerlukan koneksi internet untuk mengunduh paket-paket yang dikirim oleh Microsoft.

Namun bagi sebagian sebagin orang proses update windows 10 ini sangat mengganggu. Hal ini disebabkan karena paket yang dikirim sangat besar sehingga jika kalian memiliki kuota internet yang terbatas akan sangat merugikan.

Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mematikan (disable) update otomatis di windows 10. Bagaimana caranya? Simak berikut ini.

Cara Mematikan Update di Windows 10

Alasan kenapa kalian harus mematikan update windows 1o antara lain untuk menghemat kuota internet, terutama bagi kalian yang sering menggunakan Hp untuk tethering hotspot. Jika tidak dimatikan hasilnya kuota kalian akan jebol.

Kemudian alasan lain agar ketika laptop atau komputer sedang dimatikan/shutdown langsung off tanpa perlu mengunduh update terlebih dahulu. Seperti pengalaman yang pernah saya alami, ketika akan mematikan laptop bukanya langsung mati malahan update dulu. Terkadang juga membuat laptop yang dipake jadi lemot, kan repot jadinya mbor…

Nah, jika kalian mengalami permasalahan yang sama dan sedang mencari-cari cara sungguh tepat sekali membaca tulisan ini. Berikut adalah beberapa cara untuk mematikan update windows 10 secara paksa dan permanen namun aman.

» Metered Connection

Cara pertama yang bisa dicoba untuk menatikan auto update windows 10 yaitu dengan Metered Connection. Metode ini bisa dikatakan sangat simpel karena hanya membatasi data internet saja, sehingga sistem operasi windows tidak melakukan update secara otomatis. Bagaimana caranya?

  • Hubungkan laptop atau komputer ke jaringan wifi. wifi connection
  • Setelah itu klik Properties →  gulir k bawah, Set as metered connection “ON”. metered connection
  • Selesai

Sampai disini kalian sudah berhasil menandai jaringan wifi tersebut sebagai metered connection, sehingga komputer tidak akan melakukan auto update. Jika ingin berganti jaringan wifi bisa ulangi kembali langkah-langkah seperti sebelumnya.

» Defer Upgrade

Cara kedua yang bisa dicoba dan tanpa install aplikasi apapun yaitu dengan fitur Defer Upgrade. Metode ini tidak sepenuhnya secara total mamatikan update otomatis di windows 10, melainkan hanya menunda pengiriman paket pembaruan beberapa bulan saja. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Settings.
  • Lalu pilih Update & Security. windows update
  • Setelah masuk ke menu Windows Update, gulir kursor ke bawah dan pilih Advanced Options. windows updates
  • Kemudian beri tanda centang (ceklis) pada opsi Defer Updates. windows update
  • Selesai.

Apabila ingin melakukan update windows, matikan kembali opsi ini agar kembali seperti pengaturan semua.

» Services Windows

Service.msc adalah suatu fitur bawaan dari sistem operasi Windows dan berfungsi untuk mengatur program apa saja yang boleh atau akan berjalan ketika komputer/laptop sedang booting. Pada fitur ini terdapat banyak sekali opsi pengaturan yang bisa kalian lakukan, salah satunya yaitu opsi disable windows update. Ingin mencobanya? Silahkan ikuti panduan di bawah ini.

  • Langkah pertama tekan tombol keyboard Win+ R, lalu ketik services.msc dan enter.service msc
  • Setelah masuk ke Services, gulir ke bawah dan cari Windows Update. (Klik 2x untuk membukanya). Pada opsi Startup type pilih Disable lalu klik Stop. Kemudian klik Apply dan OK.mematikan update windows 10 dengan service msc

» Local Group Policy Editor

Cara yang ke-4 ini langkah-langkahnya hampir sama seperti sebelumnya. Namun perlu diketahui untuk mematikan update windows 10 dengan Local Group Policy Editor hanya bisa dilakukan pada versi sistem operasi windows professional, enterprise dan education. Tutorial selengkapnya seperti berikut:

local group policy editor

  • Tekan logo Windows di keyboard + R, lalu ketik gpedit.msc klik OK atau Enter.
  • Setelah masuk ke Local Group Policy Editor, klik Computer Configuration → Administrative Templates.
  • Setelah itu klik Windows Components → Windows Update. Kemudian klik 2x pada Configure Automatic Updates pilih Disabled → OK.
  • Selesai

» Cara Mematikan Windows Update dengan CMD

Cara ke-5 yang akan saya bahas yaitu lewat CMD dan merupakan program default di sistem operasi Windows. Apabila ingin mematikan windows update dengan cara ini maka kalian perlu mengetik kode script berikut :

mematikan windows update dengan CMD

  • Pertama buka program CMD dengan perintah Run As Administrator.
  • Setelah itu ketik kode ini : takeown /f “%windir%\System32\UsoClient.exe” /a lalu tekan Enter.
  • Kemudian masukkan lagi kode ini : icacls “%windir%\System32\UsoClient.exe” /inheritance:r /remove “Administrators” “Authenticated Users” “Users” “System” lalu tekan Enter.
  • Selesai.

» Win Update Stop

Cara terakhir yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Win Update Stop. Fitur dari aplikasi ini sudah pasti untuk Enable dan Disable Update Windows 10. Menurut mimin ini salah satu rekomendasi bagi kalian yang malas untuk otak-atik komputer karena takut ada kesalahan. Cara penggunaan dari aplikasi ini sangatlah mudah.

Win update stop

  • Pertama unduh dan pasang aplikasi Win Update Stop di Komputer atau Laptop.
  • Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut dan klik Disable.
  • Selesai.

Lihat Juga : Cara Merawat Harddisk Agar Awet

Jadi seperti itulah 6 cara mematikan Update Windows 10 secara mudah. Dari beberapa pilihan atas, manakah yang menurut kalian paling rekomended? Komentar di bawah ya. Selamat mencoba..!!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *