Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

  • 4 min read
  • Apr 07, 2020
cara ngatasi laptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Lemot – Kendala dan masalah seperti performa laptop yang lemot alias lelet tentu akan merepotkan. Jika sudah begitu kalian harus mencari cara bagaimana mengatasi masalah tersebut, terlebih apabila laptop yang dipakai sangat penting untuk alat penunjang pekerjaan.

Masalah laptop atau komputer menjadi super lambat juga pernah mimin alami sendiri. Bahkan sampai frustasi pada waktu itu, bayangkan saja cuma mau membuka folder di Libraries saja harus loading lama sekali. Belum lagi pas baru dinyalakan (booting) juga super duper lama.

Keadaan seperti ini dimana laptop terlalu lama memproses perintah harus segera diperbaiki. Agar tidak menjadi bumerang dikemudian hari. Namun sebelum kalian mencari cara mengatasi laptop yang lemot, alangkah baiknya ketahui juga apa saja penyebabnya. Sehingga jika sudah mengetahui penyebab dari permasalah maka dapat dengan mudah untuk memperbaikinya.

Penyebab Laptop Lemot

Sebelum lebih jauh, saya akan sedikit memberikan informasi bahwa apapun jenis dan merk laptop/komputer bisa mengalami masalah seperti ini. Begitu pula dengan sistem operasi yang dipasang, entah itu Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Semua sistem operasi pada laptop juga bisa terserang penyakit lemot bin lelet ini.

Nah, kalau begitu apa saja sih penyebab laptop menjadi lemot?

  1. Masalah klise, Kapasitas Ram. Salah satu penyebab yang membuat laptop menjadi lemot adalah RAM penuh. Penyebabnya adalah terlalu banyak membuka program secara bersamaan (multi tasking). Selain membuat kinerja laptop menjadi lambat terkadang juga mengakibatkan terjadinya Hang.
  2. Kapasitas Harddisk penuh juga bisa menyebabkan kinerja suatu bisa menurunkan kinerja laptop. Setiap partisi harddisk di windows pasti memiliki indikator sendiri apabila kapasitas mulai penuh, biasanya ditandai dengan warna merah.
  3. Selain kapasitas, usia harddisk juga bisa menurunkan performa laptop jadi lemot. Sistem kerja HDD yang masih mekanik atau menggunakan disk (piringan) yang berputar terus menerus jika dipakai terlalu lama pasti akan usang.
  4. Multi Tasking, membuka banyak program atau tab browser sekaligus akan sangat membebani kenerja memori RAM yang berujung performa komputer menjadi kurang baik.
  5. Program Startup terlalu banyak. Ketika laptop atau komputer pertama kali dihidupkan (booting), sistem operasi windows akan memproses program apa saja yang akan dijalankan untuk pertamakali. Nah terlalu banyak program yang harus dijalankan saat proses booting menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot.
  6. Terlalu banyak Ekstensi atau Add-ons yang terpasang. Tanpa disadari add-ons yang biasa kita pasang dengan tujuan dan manfaat terntu justru bisa membuat kinerja komputer melambat.
  7. Terserang Virus. Penyebab lain dari masalah laptop lemot tak jarang berasal dari virus. Oleh karena itu kalian perlua hati-hati saat berinternet.
  8. Anti virus over protective. Jika kamu mamakai antivirus yang terlalu protektif biasanya malah membuat komputer menjadi lelet karena terlalu lama berjalan di latar belakang.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

cara mengatasi laptop dan komputer lemot

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang membuat laptop menjadi lemot. Sekarang saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah tersbut. Tips atau cara mengatasi laptop yang lemot seperti ini bisa diterapkan untuk semua sistem operasi Wndows 7, Windows 8, dan Windows 10.

» 1. Cara Melakukan Upgrade RAM

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa kapasitas ram pada suatu Laptop sangat berpengaruh pada kinerja. Jika bugdet kamu cukup maka segera lakukan Upgrade atau tingkatkan kapasitas memori ram dengan kapasitas yang lebih besar.

Jika belum ada budget uang untuk melakukan upgrade, setidaknya kalian harus memakai laptop se-efisian mungkin dengan tidak membuka program secara bersamaan terlalu banyak. Dengan seperti ini kalian sudah lumayan untuk mengurangi efek dari laptop lemot.

» 2. Melakukan Perawatan HDD

Harddisk yang dipakai terlalu lama pasti kinerja akan semakin menurun, oleh karena itu kalian perlu melakukan perawatan rutin seperti “Disk Defragment” secara berkala. Namun jika kondisi sudah sanga parah bisa untuk menggantinya dengan baru.

Lihat juga nih guys..! Cara Merawat Harddisk Agar Awet

Oh ya, mimin sarankan untuk menggantinya dengan SSD (Solid State Drive) yang memiliki kecepatan 8x lebih cepat dari HDD biasa.

» 3. Mengurangi Program Startup

Pada saat komputer atau laptop dihidupkan dan saat booting lama sekali, salah satu penyebab dari proses yang lambat ini yaitu banyaknya program startup.

Kalian perlu mematikan alias Disable agar proses booting lebih cepat, caranya tekan logo Win + R secara bersamaan. Setelah itu ketik msconfig enter → pilih Start Up → Disable Program yang tidak perlu.

» 4. Rutin Membersihkan Sampah

Sampah komputer atau junk file seringkali menumpuk dan membuat komputer menjadi lelet, sehingga kalian perlua secara rutin memindai dan memberishkan sampah tersebut. Salah satu caranya dengan memakai software booster atau semacamnya, biasanya saya memakai CC Cleaner.

Cara Mengatasi Laptop atau Komputer Lemot Lainnya

» 5. Menggunakan Sistem Operasi yang Ringan

Salah satu cara untuk mengatasi lelet pada komputer yaitu dengan memakai sistem operasi (OS) yang ringan seperti LinuX OS. Namun jika tetap ingin menggunakan Windows maka saya sarankan untuk memaki Windows Lite by Oprekin, seperti yang mimin pakai saat ini.

» 6. Mengatasi Laptop Lemot dengan Install Ulang

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa dilakukan, biasanya cara ini yang paling efektif untuk masalah seperti ini. Pasalnya pada saat install ulang laptop maka kondisinya akan menjadi fresh kembali seperti pertama di beli. Kalian bisa melakukan install ulang sendiri atau meminta jasa service komputer dengan biaya kurang lebih 50ribu saja.

Saat install ulang di jasa service komputer, mintalah untuk juga menginstall software penting seperti Micosoft Office dan program lain yang diperlukan.

Tips Merawat Komputer dan Laptop Supaya Tidak Lemot

Lakukan beberapa langkah berikut ini agar perangkat komputer yang kamu pakai tidak mengalami masalah hingga membuatnya menjadi lelet.

  • Selalu melakukan Disk Defrag untuk pengguna Harddisk (HDD), misal 2 minggu sekali.
  • Selalu membersihkan histori dan cache browser.
  • Membersihkan Junk File (sampah komputer).
  • Update driver.
  • Hapus atau uninstall software yang tidak terpakai.
  • Jangan mematikan komputer atau loptop secara paksa, disarankan selalu dengan tombol Shutdown.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Seperti itulah penyebab dan cara mengatasi laptop lemot secara mudah. Jika kalian mengalami masalah seperti di atas, cari tahu kira-kira apa penyebabnya sehingga kalian bisa menganalisa perkiraan budget ketika akan diperbaiki.

Jika ingin memiliki komputer dan laptop yang memiliki kinerja baik sebaiknya ikuti beberapa tips di atas, sehingga masalah laptop menjadi lemot tidak terjadi. Sekian tulisan kali ini, jika ada kesalahan tulis mimin mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *