Cara Menulis Alamat Paket

Cara Menulis Alamat Paket untuk Pengiriman Barang

Posted on 707 views

Cara Menulis Alamat Paket – Pada artikel ini saya akan memberikan panduan kepada pembaca mengenai bagaimana cara untuk menulis alamat paket yang baik dan benar. Proses kirim barang melalui jasa ekspedisi memang sudah marak saat ini. Namun ternyata masih banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana cara menulis alamat pada paket pengiriman.

Proses mengirim suatu barang ke alamat tertentu melalui jasa ekspedisi atau kurir baik itu Pos, JNE, J&T (jet), Wahana, Tiki dan lain sebagainya sudah sering dilakukan. Terlebih saat ini sudah era belanja secara online yang mana barang belajaan akan dipaketkan dan dikirim ke alamat pembeli.

Soal penulisan alamat, tentu bagi seseorang yang profesinya sebagai penjual online sudah mahir akan hal ini. Sebagai orang yang sering belanja online juga mungkin sudah hapal tentang penulisan alamat pada suatu paket.

Namun ternyata masih banyak diantara kita yang belum paham tentang cara penulisan alamat dalam paket yang akan dikirim. Mengingat informasi alamat tersebut sangat penting karena jika salah salah maka yang ada paket yang dikirim tidak akan sampai tujuan.

Oleh karena itu simak uraian penjelasan berikut ini.

Cara Menulis Alamat Paket untuk Pengiriman Barang yang Baik & Benar

Pada saat akan mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu penulisan alamat. Penulisan alamat pada pengirim dan penerima harus jelas dan mudah dibaca oleh kurir.

Format Cara Penulisan Alamat Penerima Paket

Ketika menulis alamat penerima pada paket barang atau dokumen, yang perlu ditulis yaitu:

  • Nama penerima
  • Alamat lengkap (Jalan, Nomor rumah, RT RW, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Kode pos)
  • Negara (jika penerima berada di luar negeri)
  • Nomor telepon

Contoh penulisan alamat penerima dari suatu paket yang benar seperti ini.

  • Nama : Maulana Efendi
  • Alamat : Jl. Korona, No. 54, RT 002 RW 003, Kec. Karangrayung, Kab. Grobogan, Jawa Tengah, 58163.
  • No Hp : 081122334455

Perlu diketahui fungsi dari bagian-bagian diatas sangatlah penting, misalnya  “Nama penerima” wajib dicantumkan agar nantinya kurir dapat mengetahui pihak siapa yang harus ditemui pada saat pengiriman. Nama yang ditulis pada paket sebaiknya nama orang rumah agar memudahkan kurir.

Selanjutnya “Alamat” harus ditulis sejelas-jelasnya seperti contoh yang saya tulis di atas. Tujuannya tak lain dan bukan agar paket barang dapat terkirim sampai ke alamat tujuan. Sebab jika kalian salah dalam nemuliskan alamat bisa mempersulit proses pengiriman bahkan bisa salah kirim.

Terakhir adalah “Nomor Telepon” yang wajib dicantumkan karena apabila terjadi masalah atau kurir kesulitan menemukan alamat penerima bisa menghubungi melalu nomor telpon yang dicantumkan. Jadi pastikan nomor yang ditulis masih dalam keadaan aktif dan bisa dihubungi.

Format Cara Penulisan Alamat Pengirim Paket

Nah sedangkan untuk penulisan pengirim tidaklah jauh berbeda seperti penerima. Intinya yang harus dicantumkan sama seperti nama, alamat dan nomor hp yang bisa dihubungi

Apakah mencantumkan identitas pada paket penting? Menurut saya penting karena untuk menginformasikan pihak ekspedisi dan penerima sehingga mengetahui siapa yang mengirimkan paket atau surat dokumen. Kan tidak mungkin seseorang menerima paket yang tidak diketahui asal usulnya.

Lihat Juga : Cara Menambahkan Tempat dan Lokasi di Google Maps

Tata Letak Penulisan Alamat pada Paket dan Dokumen/Surat

Jika berbicara masalah tata letak penulisan menurut saya tidak ada aturan baku untuk pengiriman paket berupa barang misal dalam bentuk box atau kardus. Yang harus diperhatikan adalah informasi identitas pengirim dan penerima tertulis secara jelas. Jika kalian sering belanja online pasti paham lah ya, dan itu bisa dijadikan contoh.

Sedangkan untuk mengirim surat atau dokumen yang menggunakan amplop, sebaiknya diperhatikan. Cara menulis alamat pada surat sebaiknya untuk Identitas Penerima pada pojok kiri atas dan Identitas Pengirim pada sisi pojok kanan bawah. Kurang lebih gambarnya seperti berikut.

Tata Letak Penulisan Alamat pada Peket dan Dokumen/Surat

Tips Sebelum Mengirim Paket Barang atau Surat Dokumen

Selain cara menulis alamat yang baik dan benar, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum paket tersebut diserahkan ke pihak ekspedisi. Tipsnya antara lain :

  1. Pastikan paket terbungkus dengan rapi, dan berikan pengaman tambahan seperti bubble wrap.
  2. Lapisi dengan plastik dan di isolasi untuk menghindari cairan masuk ke dalam paket atau surat dokumen.
  3. Perhatikan penulisan alamat dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan.
  4. Tulis identitas alamat dengan jelas yang mudah dibaca.

Lihat Juga :

Akhir Kata

Seperti itulah cara untuk menulis alamat pada paket yang akan dikirim. Penulisan diatas sudah saya rangkum dari berbagai sumber dan juga dari pengalaman pribadi. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *