Syarat dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru

  • 3 min read
  • Sep 07, 2021
Biaya dan Cara Tambah Daya Listrik PLN Terbaru

Pada artikel ini mimin akan sedikit berbagi informasi terkait bagaimana cara, syarat dan biaya tambah daya listrik PLN terbaru. Baik itu jenis listrik prabayar (prepaid) dan pascabayar (postpaid) atau listrik token maupun meteran. Akan dijelaskan semua dalam tulisan yang sederhana dan langsung ke intinya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa listrik merupakan salah kebutuhan dasar yang harus tersedia terutama untuk keperluan usaha. Jumlah peralatan listrik yang digunakan tentu akan mempengaruhi berapa daya listrik yang harus dipasang. Apakah perlu memerlukan penambahan daya atau tidak.

Apabila saat ini kebutuhan listrik kamu meningkat dan sering terjadi “jeglek” atau saklar mcb meter listrik off. Maka kamu perlu melakukan proses tambah daya listrik PLN seperti penjelasan di bawah ini.

Kenapa Harus Tambah Daya Listrik?

Jawaban dari pertanyaan di atas yaitu jelas erat kaitannya dengan kebutuhan. Dimana semakin banyak peralatan elektronik yang dipakai, maka daya yang dibutuhkan juga harus sesuai.
Kamu juga bisa melihat beberapa ciri seperti kWh over limit. Dimana jika menggunakan jenis listrik prabayar atau token, kamu tidak dapat melakukan pembelian token. Artinya kamu sudah melebihi batas pembelian token listrik PLN .

Atau bisa juga apabila meter listrik selalu off saat menyalakan peralatan listrik dengan daya besar. Maka untuk mengatasinya kamu harus melakukan tambah daya.

Syarat Tambah Daya Listrik PLN Terbaru

Adapun persyaratan tambah daya listrik tahun 2021, 2022, 2023 tidak jauh berbeda seperti sebelumnya. Supaya tidak bingung, silahkan perhatikan di bawah ini :

  • Mengajukan permohonan secara secara online maupun di kantor PLN terdekat
  • Sudah melunasi tagihan rekening listrik
  • Menyiapkan ID Pelanggan atau Nomor Meter, nama pelanggan, identitas pelanggan (KTP/SIM, alamat lengkap) dan nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Membayar biaya penyambungan (BP), uang jaminan langganan (UJL) dan biaya materai
  • Kalau dikuasakan ke orang lain, harus membuat surat kuasa bermaterai

Nah itulah beberapa persyaratan yang harus disiapkan apabila ingin melakukan proses tambah daya. Selain itu ada juga biaya yang harus kamu ketahui.

Biaya Tambah Daya Listrik PLN

Setidaknya ada 3 biaya yang harus kamu bayar nantinya dan agar tidak kaget, silahkan perhatikan rincian biayanya di bawah ini :

1. Biaya Penyambungan (BP)

Biaya penyambungan merupakan proses penyambungan baru dari instalasi listrik yang sudah ada. Besar biaya berbeda-beda setiap pelanggan, tergantung dari perubahan yang dilakukan.

Misalnya akan melakukan tambah daya listrik 450 VA ke 900 VA, maka biaya akan berbeda dengan perubahan daya 900 ke 1300. Begitupun dengan perubahan yang lain, dimana semakin besar perubahan tambah daya yang dilakukan. Maka semakin besar pula biayanya, rinciannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

biaya tambah daya listrik pln terbaru

2. Penggantian MCB

Saat melakukan tambah daya PLN, kamu perlu melakukan penggantian MCB. Bagi yang belum mengetahui, MCB adalah singkatan dari Miniature Circuit Breaker atau saklar pengaman aliran arus listrik.

Biaya untuk proses penggantiannya berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu. Kemudian penggantian disesuaikan juga dengan berapa penambahan daya yang dilakukan.

3. Uang Jaminan Pelanggan

Biaya selanjutnya yaitu uang jaminan yang akan dibebankan kepada pengguna PLN Pascabayar saat melakukan tambah daya. Jaminan ini tidak berlaku bagi pengguna PLN prabayar atau listrik token.

Prosedur Cara Tambah Daya Listrik PLN

Cara untuk melakukan proses penambahan daya listrik dapat dilakukan dengan 2 cara, antara lain :

  • Tambah daya secara online di WEB resmi PLN
  • Atau datang langsung ke kantor PLN terdekat

1. Tambah Daya Listrik Online

Silahkan ikuti Langkah-langkah di bawah ini :

  • Pertama kunjungi web resmi https://layanan.pln.co.id lalu pilih menu “Perubahan Daya” di sebelah kiri
  • Setujui syarat dan ketentuan yang muncul
  • Setelah itu akan muncul formulir yang perlu kamu isi
  • Selanjutnya kamu akan mendapatkan email berisi kode konfirmasi, silahkan masukkan kode tersebut pada website pln yang tadi dikunjungi
  • Setelahnya pengajuan mu bakal direview oleh PLN dan pastikan kamu tidak mempunyai tunggakan tagihan pembayaran
  • Apabila pengajuan penambahan daya disetujui maka kamu akan menerima email berisi Surat Izin Pemasangan (SIP). Di email juga ada nomor agenda dan nomor registrasi untuk pembayaran, segera lakukan pembayaran lewat bank, atm atau loket pln
  • Jika pembayaran telah dilakukan, kamu akan diberikan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)
  • Penggantian atau tambah daya akan dilakukan oleh petugas PLn dalam kurun waktu kurang lebih 7 hari (Bisa lebih cepat atau lama)

Masih bingung? Coba lihat saja video penjelasannya berikut ini :

2. Pengajuan Tambah daya dengan Datang Langsung ke Kantor PLN

Opsi ini sangat cocok buat kamu yang kurang paham dengan alur secara online. Maka datang langsung ke kantor PLN merupakan opsi terbaik.

Kamu cukup membawa dokumen atau persyaratan yang dibutuhkan. Lalu juga menyiapkan uang untuk pembayarannya. Diusahakan untuk membawa uang lebih jika ternyata ada perubahan biaya.

Setelah mengetahui prosedur, persyaratan dan biayanya, silahkan pertimbangkan dengan baik. Misalnya tambah daya 450 ke 900 artinya tarif dasar (TDL) juga berubah. Begitupun dengan meteran, misalnya yang semua meteran listrik yang berputar akan diganti dengan meteran token.

Kemudian jika ingin melakukan tambah daya tanpa ganti meteran. Sebenarnya proses tambah daya bagi jenis listrik token tidak akan ada penggantian meteran. Sebab konfigurasinya saja yang akan dirubah.

Namun jika meteran yang dimaksud adalah meteran listrik lama (piringan berputar), sebaiknya infokan saja dengan teknisi pln. Karena penggantian meteran sudah pasti akan dilakukan mengingat untuk saat ini standarnya yaitu jenis token. Tanpa penggantian meteran dapat dilakukan yaitu hanya dengan mengganti mcb nya saja (daya masih sama).

Lihat Juga :

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang Syarat dan Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru. Semoga informasi yang mimin tulis di atas bisa memberikan tambahan wawasan pengetahun. Khususnya bagi yang berencana ingin melakukan penambahan daya listrik di rumah.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *